Penggolongan Hukum di Indonesia

Klasifikasi hukum di Indonesia lengkap dengan bagan penggolongan hukum untuk memperjelas struktur hukum yang berlaku.





Klasifikasi hukum di Indonesia dilengkapi dengan bagan penggolongan hukum untuk memperjelas struktur hukum yang berlaku.

HUKUM :

a. Berdasarkan Wujudnya

  1. Hukum Tertulis, yaitu hukum yang dapat kita temui dalam bentuk tulisan dan dicantumkan dalam berbagai peraturan Negara. Contoh: UUD 1945, Undang-Undang, dan lain-lain.
  2. Hukum Tidak Tertulis, yaitu hukum yang masih hidup dan tumbuh dalam keyakinan masyarakat tertentu (hukum adat). Dalam praktik ketatanegaraan, hukum tidak tertulis disebut konvensi. Contoh: pidato kenegaraan presiden setiap tanggal 16 Agustus.

b. Berdasarkan ruang atau wilayah berlakunya

  1. Hukum Lokal, yaitu hukum yang hanya berlaku di daerah tertentu saja (hukum adat Manggarai-Flores, hukum adat Batak, Jawa, Minangkabau, dan sebagainya).
  2. Hukum Nasional, yaitu hukum yang berlaku di negara tertentu (hukum Indonesia, Malaysia, Mesir, dan sebagainya).
  3. Hukum Internasional, yaitu hukum yang mengatur hubungan antara dua negara atau lebih (hukum perang, hukum perdata internasional dan sebagainya).

c. Berdasarkan waktu yang diaturnya

  1. Hukum yang berlaku saat ini (ius constitutum); disebut juga hukum positif.
  2. Hukum yang berlaku pada waktu yang akan datang (ius constituendum).
  3. Hukum antar waktu, yaitu hukum yang mengatur suatu peristiwa yang menyangkut hukum yang berlaku saat ini dan hukum yang berlaku pada masa lalu.

Lanjut ke Penggolongan Hukum di Indonesia > bagian 2 | bagian 3

Yuk Bisnis Online Di Rumah Yang Mudah Dan Menguntungkan Hanya Modal Internetan


Cara Menghasilkan Uang Di Rumah Dengan Bisnis Online Tanpa Modal Dilengkapi Panduan Belajar Yang Menyenangkan.
Hoii..Selamat pagi semuanya, kali ini aku mau cerita bagaimana caranya kamu bisa cari duit di rumah hanya modal internetan melalui handphone atau bagus lagi kalau pakai laptop, kenapa laptop? ya cuma karena ukurannya yang lebar sih jadi kalau liat bisa jelas gitu hehe.. Tapi kalau tidak ada juga nggak apa-apa, seperti istilah kalau ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi..ga nyambung? biarin aja. Inti topik obrolan pagi ini adalah bagaimana kamu bisa memanfaatkan handphone atau perangkat gadget kamu supaya bisa menghasilkan duit dengan cara bisnis online yang bisa dilakukan di mana saja kamu berada, keren kan? Siapa sih yang nggak mau duit hehehe..

Berbagi Pengalaman Di Bisnis Online


Sebentar..apa yang mau aku sampaikan kali ini memangnya sudah dipraktekkan atau cuma omdo alias omong doang? Yang pastinya sudah dan bisnis online ini masih aku jalanin sampai sekarang ini, nggak pakai bohong..soalnya kata pak ustad boong itu dosa. Jadi jangan khawatir gaess.. kamu semua nggak perlu mengalami trial and error..cukup aku saja yang error. Gimana? baik hati kan?

Sebenarnya cara mencari duit ini sudah banyak juga yang bahas di situs lainnya, asal kamu mau nyari dan belajar. Sialnya, kamu ternyata nyasar ke tempat ini dan akhirnya mau nggak mau musti baca karena mungkin kamu penasaran omongan nggak jelas apa lagi yang akan aku ceritain pagi-pagi begini. Karena judulnya masih pagi dan kata orang tua kalau pagi itu buat nyari rejeki maka topiknya kali ini berbagi pengalaman mencari duit.

Lalu sekarang menginjak hal yang agak religius sedikit, menghadapi pertanyaan apakah bisnis online yang aku bagikan ini halal? Apakah sudah terdaftar di MUI? Apakah sudah terdaftar RT RW? Apakah pakai acara Spanyol alias Separo Nyolong? Oke..sebelum nanya kemana-mana.. yang jelas bisnis online ini halal (menurut saya) sudah pernah saya cari dalil dan bisa dipastikan hal ini aman serta halal, karena murni jualan semata. Jadi meskipun tidak terdaftar MUI dan RT RW, kamu tetap bisa menjalankannya tanpa takut dosa dan masuk neraka.. Hii.. ngeri ah, pagi-pagi sudah ngomongin neraka.

Lanjut yuk, seperti yang sudah aku sedikit selatankan (utarakan sudah biasa) di atas, bisnis ini modelnya jualan. Terus mau jualan apa? Apa saja bisa kamu jual disini! Lalu berarti harus pakai modal dong kalau gitu? katanya tadi nggak pakai modal dan cuma modal internetan doang.. Iya, benar.. sabar ya? biar babang jelasin ke kamu.. iyaa.. kamuu..

Bisnis Itu Nggak Perlu Modal Besar

Aku tahu jika sebagian besar orang ingin tidak keluar modal tapi untung banyak, meski nggak banyak tapi yang penting ada, gitu kan? Jadi kalau begitu ya tidak perlu kamu punya barang untuk dijual, jual saja barang orang. Haa.. sudah mulai paham kan arah pembicaraan ini kemana? Yak, seratus buat kamu yang sudah bisa menebak dan seribu buat yang langsung pergi menutup halaman ini hahaha...

Jadi begini, keberadaan toko online sudah seperti wabah,, banyak banget. Mereka menawarkan banyak barang dengan berbagai variasi harga satu sama lain. Persaingan yang ketat yang membuat mereka tidak segan-segan beriklan sampai di tipi meskipun tarifnya selangit untuk beberapa detik saja. Bagaimana kita bisa bersaing dengan mereka? Tenang saja..kita masih punya peluang kok. Meski cuma sedikit tidak sebanyak mereka. Heii.. namanya juga tanpa modal, jangan terlalu banyak berharap untuk bisa mengeruk keuntungan dan jadi milyarder dari jualan online seperti mereka, ok.

Kita disini berbicara mengenai pemasukan yang awalnya pasif bisa menjadi aktif (itu yang diharapkan). Lalu bagaimana caranya babang? Pelan-pelan ya..biar paham dan nggak perlu mengulangi artikel bisnis online yang menjemukan ini karena ngalor-ngidul penulisnya. Yang perlu kamu lakukan survey, tempat jualan, dan promosi. Sudah itu saja yang perlu kamu persiapkan, tapi meski cuma 3 hal saja namun penjabarannya dan pelaksanaannya bisa berhari-hari lohh.. yang sabar saja ya? Ingat, buah dari ketelatenan dan kerja keras itu buah kesemek..lohhh Hehehe.. biar nggakk terlalu serius dan spaneng bacanya oke gaess..

Tiga Sesi Utama Belajar Bisnis Online

Karena ada tiga sesi yang perlu dibahas maka yang pertama kali perkenankan saya pada kesempatan ini mempersembahkan topik Survey untuk Bisnis Online demi kemaslahatan bersama dan kepentingan kantong masing-masing. Apakah survey itu? Tidak perlu mencari jawaban sampai ke wikipedia ya gaess.. nggak perlu sampai segitunya. Survey yang aku maksud disini bisa dibagi lagi menjadi: survey produk, survey harga, survey konsumen. Seperti gambar bagan di bawah ini kalau mau lebih jelasnya.

Survey Produk Jualan Untuk Bisnis Online - Untuk survey produk, pertama kali tentukan produk apa yang mau kamu jual, apakah produk rumah tangga, kantor, gadget, jasa, atau apa saja yang menurut insting kamu katakan saat ini. Langkah berikutnya, lakukan survey dengan cara browsing ke toko-toko online yang menyediakan grosir. Untuk perkembangannya kamu bisa juga mampir ke toko online yang sudah punya nama seperti Lazada, OLX (dulu TokoBagus.com), Tokopedia, Bhineka, atau Bukalapak. Ada trik khusus untuk berjualan melalui toko online yang sudah besar..akan aku jelasin nanti, sekarang kamu fokus dulu buat nyari produk.

Pedoman untuk mencari produk yang akan kamu pasarkan nantinya harus punya kriteria kualitas sebagai berikut: bahan yang baik dan bermutu. Mengapa? kualitas produk akan memiliki efek sukses tidaknya bisnis online yang akan kamu jalani nantinya. Browsing dan carilah produk sejenis di toko lain dengan mempertimbangkan kualitas yang mereka miliki. Biar tidak lupa, kamu bisa menggunakan aplikasi notepad untuk mencatat alamat masing-masing situs yang memiliki produk yang kamu inginkan untuk dijual. Jangan lupa juga untuk menyimpan foto produknya ya..yang perlu kamu ketahui untuk menyimpan gambar produk usahakan cari yang unik dan jarang ada yang sama. Kalau kamu punya keahlian memakai software Photoshop bisa juga mengedit nantinya untuk menghasilkan gambar unik dengan hak paten kamu sendiri.

Bersambung ke Bisnis Online Bagian 2.. terus untuk masa tayangnya kapan? Ya yang pasti pas lagi inget dan lagi mood buat nerusin artikel. Hehehe.. jangan ngambek ya? Pokoknya tunggu aja..entah kapan.

Update: 16 Mei 2016
Sudah terbit untuk Bisnis Online Tanpa Modal Bagian 2.
Dapatkan Update Berita Terbaru Terkini Hari Ini dengan berlangganan Gratis via email.

Email akan dirahasiakan