Saturday, February 15, 2014

Cara Investasi Reksadana

Ada 2 cara investasi Reksadana yang bisa dilakukan ketika Anda ingin mulai mengelola keuangan. Melalui Manajer Investasi atau Perbankan yang menjual produk ini, Anda bisa melakukan investasi Reksadana.

Ketika memutuskan untuk investasi Reksadana, peran Manajer Investasi sebagai profesional yang telah mengetahui pasar serta pengalaman melakukan riset dan memiliki keputusan bijak akan menjadi pilihan terakhir Anda. Sayangnya, seperti telah diketahui umum bahwa menggandeng Manajer Investasi bukanlah hal yang murah selain itu keberadaannya yang menyebar menjadikannya sulit untuk ditemui.

Saat ini beberapa Bank di Indonesia telah menjadi Agen Penjual  Efek Reksa Dana dari produk pasar modal Reksadana ini yang bisa dibilang cara kerjanya mirip seperti arisan. Beberapa investor bergabung melalui Bank dan mempercayakan pengelolaan dana yang telah mereka taruh untuk diinvestasikan oleh Manajer Investasi yang ditunjuk.

Cara Investasi Reksadana

Daftar Bank yang telah menjadi Agen Penjual Reksadana diantaranya adalah: Bank Mandiri, UOB Indonesia, ANZ Indonesia, HSBC Indonesia, Bank Permata, CIMB Niaga, DBS Indonesia, Standard Chartered Bank, Commonwealth Bank, BII Maybank, Citibank, Bank Syariah Mandiri.

Kemudahan untuk melakukan investasi Reksadana melalui Bank adalah Anda tidak perlu repot transfer dana untuk melakukan investasi ke Manajer Investasi secara langsung. Dari pihak Bank biasanya akan memotong langsung debet rekening yang Anda miliki dan dengan mudah bisa Anda pantau melalui online berapa keuntungan yang Anda peroleh setiap harinya dari investasi yang telah Anda keluarkan.

Untuk mengetahui kemudahan akses informasi investasi reksadana Anda silahkan hubungi masing-masing bank untuk mengetahui apakah layanan tersebut telah tersedia. Commonwealth Bank telah memiliki layanan yang memungkinkan melakukan pantauan investasi yang telah Anda lakukan secara online.

Sebelum investasi di Reksadana ketahui terlebih dahulu profil Anda yang biasanya akan dibantu oleh pihak bank sebagai agen penjual, apakah Anda sebagai investor Konservatif, Moderat atau Agresif. Anda bisa melakukan simulasi untuk mengetahui profil Anda dan perkiraan keuntungan yang didapat secara otomatis melalui kalkulator online yang disediakan Bank Mandiri.

Jika Anda cenderung tidak suka spekulasi riskan dalam investasi dan ingin merasakan hasil dalam waktu dekat maka Anda termasuk investor Konservatif dan di pasar uang saham adalah tempat yang lebih cocok untuk Anda berinvestasi. Keuntungan yang didapat biasanya lebih sedikit dari deposito bank.

Kalau Anda menginginkan investasi jangka menengah (Moderat) atau jangka panjang (Agresif) yang akan diambil telah disediakan konsultasi keuangan dari masing-masing Bank. Anda bisa menanyakan perihal pilihan terbaik untuk Anda investasi di Reksadana.

Persyaratan umum untuk mengajukan pembukaan investasi Reksadana antara lain:
  • Mengisi formulir pengajuan Reksadana
  • Mengisi lembar pertanyaan Profil
  • Menyertakan foto copy KTP
  • Bukti transfer dana

Demikianlah Cara Investasi Reksadana dengan mudah yang bisa Anda lakukan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menghubungi secara langsung Bank yang memiliki Agen Penjual Efek Reksadana.

No comments:

Post a Comment