Friday, February 21, 2014

Facebook Caplok WhatsApp Keluarkan Rp. 209 Triliun

WhatsApp sebagai aplikasi media sosial yang terus menguat dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 450 juta orang ternyata telah menarik perhatian perusahaan raksasa Facebook sehingga rela mengeluarkan uang sebesar USD 9 Miliar atau sekitar Rp. 209 Triliun.

Jumlah fantastis tersebut memang sesuai menurut beberapa pengamat pasar seperti yang diungkapkan oleh RBC Capital Market, dikutip dari Reuters "Facebook adalah pemimpin dalam bidang social sharing secara global. Kini mereka juga memiliki kesempatan signifikan untuk memimpin komunikasi global."

Facebook And WhatsApp

Dari analisis jejaring sosial saat ini, Facebook memang mengalami penurunan minat dibandingkan dengan WhatsApp sebagai wajah baru dimana memiliki peminat yang lebih aktif pada pasar Eropa, Amerika Latin, Afrika dan Australia.

Hal tersebut bisa diketahui dari betapa aktif pengguna WhatsApp, seperti upload foto user-nya hingga 600 juta/hari daripada Facebook yang meskipun memiliki pengguna lebih dari 1,2 Miliar namun terlihat mengalami penurunan.

Dengan memiliki jumlah pengguna yang aktif jelas akan memberikan peluang besar bagi Facebook melakukan monetasi di WhatsApp tetapi jelas bukan seperti iklan dalam layanan dimana pasti banyak yang menolaknya. Belum lagi dengan biaya 1 Dollar/tahun dikalikan jumlah user WhatsApp dimana telah diperkirakan sebanyak 1 juta pengguna sehari, tentu akan membuat Facebook menjadikan WhatsApp sebagai pohon uang barunya.

No comments:

Post a Comment