Thursday, May 22, 2014

Menteri Agama Suryadharma Ali Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Haji SBY Sudah Tahu

Menteri Agama Suryadharma Ali Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Penyelenggaraan Haji
Berita Nasional - Mengenai Menteri Agama Suryadharma Ali yang ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji sudah diketahui oleh SBY ketika tengah melaksanakan kunjungan kenegaraan di Filipina.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha di Manila menjelaskan bahwa Presiden telah mendengar beritanya namun belum mendapatkan pemberitahuan resmi atau surat tembusan dari KPK. Oleh karena itu, Presiden SBY belum mngambil langkah resmi terkait dengan hal tersebut.

Penetapan Suryadharma Ali sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji didapatkan dari SMS yang dikirimkan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqqodas kepada wartawan. "Sudah naik ke penyidikan dengan SDA (Suryadhrma Ali) dan kawan-kawan sebagai tersangka," katanya seperti dikutip dari Antara.

Penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan haji telah dilakukan KPK pada Selasa (6/5) lalu kepada Suryadharma Ali. Ketika selesai diperiksa KPK, Suryadharma mengatakan bahwa dia tidak mampu menjangkau terlalu detil ke jajaran dibawahnya terkait dengan penyelidikan KPK itu.

Hal yang ditanyakan KPK kepada Suryadharma perihal penyelenggaraan haji pada tahun 2012-2013 khususnya tentang pengadaan katering dan perumahan di Arab Saudi.

Ketidaklayakan pemondokan-pemondokan haji tersebut dikatakan baru diketahuinya setelah melakukan evaluasi penyelenggaraan haji pada hari ke empat hingga hari ke lima semenjak penyelenggaraan haji.

Dana haji yang ada hingga saat ini, kata Suryadharma Ali sekitar Rp. 70 Trilyun dan bunga dari uang tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada jamaah.