Friday, June 13, 2014

Batu Safir

Batu Safir merupakan salah satu batu permata yang kualitasnya setingkat dibawah berlian. Jenis yang umum adalah Batu Blue Safir dengan warna biru yang terang dan tidak terlalu kental cenderung bening transparan. Selain itu ada juga batu safir yang berwarna putih bening, ungu, kuning, oranye atau jingga, merah muda, hitam atau Black Safir dan kehijauan. Untuk harga batu safir akan dijelaskan berikut ini.

Harga Batu Safir

Mengenai harga dari Batu Safir tidak ada yang memiliki harga resmi yang berlaku dengan kata lain harga ditentukan dari kebijakan masing-masing penjual.

Yang menentukan mahal dan tidaknya harga Batu Safir biasanya adalah :

  • Keaslian batu tersebut, didukung dengan sertifikat yang dikeluarkan lab.
  • Model atau desain dan bentuk potongan batu, bisa dilihat dari rapi dan tidaknya potongan.
  • Asal batu, negara penghasil batu safir antara lain: Australia, Birma, Srilangka, Cheylon, Thailand, Myanmar, Rusia, Amerika Serikat, Afrika dan Indonesia (Kalimantan dan Jawa Tengah)
  • Nilai Berat dan Karat.
  • Cincin pengikatnya, termasuk logam mulia atau tidak semisal emas dan perak.

Batu Safir dijual paling murah dengan kisaran harga Rp. 100.000 keatas untuk yang sintetis hingga mencapai puluhan juta untuk yang asli.

Warna Batu Safir

Warna yang ada di Batu Safir disebabkan oleh sejumlah kecil unsur pembentuk yang ada dalam mineral ini. Unsur yang memberikan pengaruh warna yakni besi, kromium dan titanium. Belakangan ini, untuk memperindah warna yang ada, banyak dari para pedagang memanaskan batu tersebut untuk mendapatkan warna yang lebih indah. Namun hal tersebut terlalu beresiko yang kadang justru bisa menyebabkan batu tersebut akhirnya hilang warnanya bahkan bisa pecah atau retak.

Jenis Batu Safir Termahal

Berikut ini beberapa Batu Blue Safir yang tercatat sebagai batu termahal di dunia :


  • The Richelieu Sapphires, Batu Blue Safir dengan berat masing-masing 26.66 dan 20.88 karat asal Kashmir terjual $8,358,520 atau sekitar Rp.98,555,309,320
  • Unmounted Burmese Sapphire, sebuah batu blue safir seberat 114.73 karat asal Burma terjual $7,223,285 atau sekitar Rp.85,169,753,435
  • Burmese Sapphire dengan Diamond Brooch, Batu Blue Safir seberat 130.50 karat yang dihiasi berlian terjual $7,127,453 atau sekitar Rp.84,360,533,708



Keaslian Batu Safir

Mengingat sekarang ini banyak penjual batu permata yang nakal dan mengaku hanya menjual batu yang asli, hal tersebut menyusahkan para pembeli yang termasuk awam dalam menentukan keaslian batu. Untuk test keaslian dari Batu Safir, bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini :
Menggunakan alat bernama Diamond Selector, sebuah alat tester yang mudah untuk menentukan keaslian batu permata seperti berlian, ruby dan safir. Harga alat ini dipasaran sekitar Rp.300.000. Jika berminat Anda bisa hubungi penjualnya di 081804248122.