Monday, June 2, 2014

Bisnis Online di Facebook

Cara Bisnis Online di Facebook merupakan salah satu peluang kerja dengan modal gratis. Kita bisa menjalankan bisnis pulsa online atau baju online dengan pemasaran langsung tertuju ke target pasar. Segala hal tentang cara memulai bisnis online dengan Facebook untuk pemula yang mengantar hingga sukses akan dibahas disini.

Tidak dipungkiri, cerita kesuksesan yang diraih dari beberapa pebisnis melalui online menggiurkan kita yang mendengarnya. Sebenarnya sukses atau tidaknya bisnis online yang kita bangun selain tergantung dari rejeki masing-masing tentu saja cara yang benar dalam proses pemasaran juga menentukan tingkat keberhasilan.

Bagi Anda yang minim modal namun berkeinginan untuk memiliki bisnis online di Facebook bisa dilakukan. Anda bisa mendapatkan hasil dari menjual barang atau produk milik orang lain, entah berupa baju, sepatu, tas, pulsa, aksesoris, dan lain sebagainya. Sistem bisnis online seperti ini Anda disebut sebagai Reseller atau penjual kembali produk orang lain. Sedangkan bagi penyedia fasilitas tersebut disebut Afiliasi.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari Afiliasi partner atau rekan bisnis online yang terpercaya serta memiliki reputasi yang baik dalam berbisnis. Reputasi yang baik dapat dilihat dari layanan atau service yang mereka sediakan. Layanan tersebut berupa ketersediaan barang dan ketepatan waktu dalam pengiriman pesanan calon pelanggan. Bisa dikatakan, hal yang perlu dijaga dalam melakukan bisnis online di Facebook atau melalui media online lainnya adalah Kepercayaan.

Membangun kepercayaan adalah dasar utama dalam kesuksesan yang ingin kita raih. Bagaimana mungkin pembeli akan datang kembali ke toko online kita jika mereka terlanjur kecewa akan layanan kita, bisa dari kualitas produk yang kita jual atau keterlambatan waktu pengiriman yang telah kita janjikan atau sepakati terlebih dahulu.

Oleh karena itu, untuk menjaga langgengnya bisnis kita nantinya usahakan untuk mendapatkan Toko Online atau penyedia sistem Afiliasi yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Beberapa toko online yang telah menyediakan sistem afiliasi yang kita inginkan kualitasnya yang bisa saya bagikan disini antara lain Lazada.co.id dan Bhineka.co.id yang telah berpengalaman terlebih dahulu dalam berbisnis online.

Baik Lazada maupun Bhineka mempunyai layanan yang bagus bagi para pembeli dan untung buat kita mereka juga menyediakan sistem Afiliasi yang bisa kita manfaatkan untuk membantu modal secara gratis. Kita tinggal mendaftar sebagai anggota Afiliasi dan setelah disetujui maka kita memiliki akses untuk ikut menjual semua barang yang ada di tempat mereka melalui Facebook, Twitter, atau blog.

Untuk mendaftar sebagai rekan bisnis online bersama Lazada, Anda bisa langsung ke situsnya.

Setelah Anda bergabung di kedua toko online Afiliasi tersebut, hal yang penting untuk Anda perhatikan adalah tata cara menjual produk-produk mereka. Berikut ini tips untuk bisnis online dengan Lazada di Facebook.

Tips Buat Link Tautan Produk Lazada


  • Masuk ke Lazada.co.id dan pilih salah satu produk yang ingin Anda jual atau kategori produk yang Anda ingin promosikan. Anda bisa pilih untuk jualan elektronik, fashion atau peralatan.
  • Copy alamat atau url yang ada di kolom browser Anda.
  • Masuk ke : Campaigns > Lazada Indonesia > Commission & ads
  • Paste-kan alamat atau url yang barusan Anda copy ke kotak Target URL
  • Anda bisa membuat Sub ID sebagai pelacak link yang akan Anda buat dengan mengisi kotak yang tersedia.
  • Buat kata atau kalimat tautan di dalam kotak Link text, contohnya Beli Sekarang atau Klik Disini, terserah sesuai kreatif Anda. Lalu klik tombol Generate deeplink.
  • Link atau tautan ke produk yang akan Anda jual akan tercipta di kotak besar di bawah.
  • Klik tautan yang tercipta maka akan otomatis tersorot biru yang langsung bisa Anda copy.


Tips Tambahan

Karena link tautan ke produk yang Anda jual sangat panjang (tautan ada didalam kode Html <a href="http://INI-LINK-PRODUK-ANDA" ....</a>) Anda bisa mempersingkat tautan tersebut.
Caranya, buka alamat goo.gl dan copy isi tautan kode Anda (http://INI-LINK-PRODUK-ANDA) maka akan tercipta short link atau link yang pendek seperti http://goo.gl/G7Hj

Cara Promosi Produk Lazada di Facebook

Buat Facebook Pages, Anda bisa membuatnya dengan mengikuti tautan berikut ini.
Setelah selesai buat status pertama Anda dengan mengisi informasi produk yang hendak Anda jual, upload gambar produk yang bisa Anda download sebelumnya di Lazada dan terakhir masukkan link tautan yang sebelumnya sudah Anda rubah di goo.gl kedalam status yang Anda buat.

Selain dengan menyebar short link produk Lazada di Facebook Pages, status personal, Facebook Page orang lain yang sesuai dengan kategori produk Anda, bisa juga Anda sebar short link tersebut di Twitter atau blog khusus untuk bisnis online Anda.

Anda bisa membuat blog dengan gratis dan mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan blog gratisan lainnya di Bloger.com yang dimiliki oleh Google dengan subdomain blogspot.

Dengan cara yang telah saya bagikan diatas, Anda bisa memulai Bisnis Online di Facebook dengan gratis tanpa harus memiliki satu produk pun. Semoga artikel ini bisa membantu meraih sukses dengan cara  mulai menjalankan bisnis online milik Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment