Tuesday, June 24, 2014

Cara Membersihkan Lensa Kamera

Membersihkan Lensa Kamera merupakan pekerjaan "rutin" bagi seorang fotografer demi menjaga kualitas gambar foto yang dihasilkan. Namun, rutin disini bukan berarti setiap hari atau setiap kali kamu memakai kamera terus langsung dibersihkan, bukannya bersih bisa-bisa malah membuat lensa kamera menjadi lecet atau tergores. Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara untuk membersihkan Lensa Kamera dengan benar dan mudah.

Menggunakan UV atau Skylight Filter

Dengan selalu memasang UV atau Skylight filter pada lensa kamera maka otomatis yang akan kamu bersihkan adalah filter tersebut kecuali kotoran atau debu sudah masuk hingga ke dalam. Dengan begitu, kamu akan meminimalkan resiko lensa kamu tergores karena hal-hal yang tidak kamu inginkan. Level kualitas lensa kamera berbeda-beda dan jika kamu memiliki kamera yang canggih pastikan begitu juga dengan filter kamu.

Cairan Khusus Pembersih Lensa

Kamu bisa menggunakan cairan pembersih lensa kamera yang bisa kamu beli di toko kamera. Cairan pembersih yang rata-rata bahan dasarnya dari alkohol tersebut mampu menghilangkan debu, minyak, atau bekas sidik jari yang menempel. Untuk penggunaannya cukup satu hingga dua tetes saja di tisu pembersih atau kain lap khusus lalu sapukan ke permukaan lensa kamera dengan gerakan memutar. Jangan meneteskan cairan pembersih tersebut ke atas lensa secara langsung. Tips: Jika kamu belum memiliki cairan tersebut, kamu bisa mengunakan uap nafas kamu lalu membersihkannya.

Tisu Pembersih Lensa

Hanya gunakan tisu pembersih khusus lensa kamera karena tisu biasa bertekstur kasar sehingga bisa membuat lensa menjadi tergores. Jangan pernah membersihkan dengan menggunakan tisu pembersih lensa bekas, sekali pakai saja.

Kain Lap Pembersih Lensa

Kain lap khusus untuk membersihkan lensa terbuat dari mikrofiber yang bisa dicuci ketika kotor untuk digunakan kembali. Gunakan kain ini beserta cairan pembersih untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menempel. Tips: Untuk kotoran yang banyak menempel pada lensa kamera, jangan langsung lap tapi bersihkan terlebih dahulu menggunakan blower atau sikat khusus (terbuat dari rambut unta).

Blower Pembersih Lensa

Kamu bisa membeli blower khusus untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada lensa atau bagian luar kamera. Gunakan blower hanya untuk membersihkan bagian luar, jika kamu menggunakannya untuk membersihkan kotoran yang ada didalam kamera ditakutkan justru mendorong kotoran tersebut lebih masuk ke dalam.

Sikat Khusus Pembersih Kamera

Untuk membersihkan bagian dalam kamera kamu bisa menggunakan sikat khusus yang tidak membuat lensa dan bagian penting lainnya dari kamera kamu tergores atau lecet. Sikat khusus pembersih lensa terbuat dari rambut unta pada satu ujungnya dan cleaning pad pada ujung lainnya. Kamu bisa membeli sikat tersebut di toko kamera.

Sillica Gel Amankan Peralatan Camera Digital

Agar kamera dan lensa kamu selalu dalam kondisi kering dan bebas jamur gunakan beberapa sachet Sillica Gel di dalam tas kamera. Sillica gel berfungsi menyeimbangkan kelembapan udara dalam tas kamera. Rutin ganti Sillica gel minimal 2 bulan sekali untuk menjaga peralatan, lensa, dan camera digital kesayanganmu.

Alat Pembersih Lensa Kamera


Demikian cara membersihkan lensa kamera dengan mudah  yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.