Sunday, June 15, 2014

Info CPNS 2014 Penggunaan Computer Assisted Test (CAT)

Info CPNS 2014 tentang penggunaan Computer Assisted Test (CAT) akan mulai disimulasikan pada Job Fair CPNS tanggal 18-19 Juni mendatang bertempat di Hall Senayan City, Jakarta.

Informasi mengenai simulasi penggunaan CAT sebagai metode baru tes penerimaan CPNS dimaksudkan agar para pendaftar mengenal terlebih dahulu apa yang akan mereka hadapi besok, dijelaskan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman.

Simulasi CAT sengaja digelar sebelum pendaftaran CPNS agar peserta bisa lebih bisa fokus mempersiapkan materi tes mereka. Materi tes masuk CPNS diantaranya adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB), sedangkan untuk TKD pelaksanaannya 100% akan menggunakan sistem CAT.

Materi Tes Kompetensi Dasar pada tahun ini akan berbeda dengan yang diselenggarakan tahun lalu karena materinya disusun oleh 17 universitas negeri. Materi TKD tersebut antara lain materi Wawasan Kebangsaan, Karakteristik Pribadi, dan Intelegensia Umum yang kesemuanya telah diinterigasikan kedalam CAT.

Info CPNS 2014

Contoh Penggunaan Computer Assisted Test (CAT)

Berikut ini video contoh tes CPNS 2014 menggunakan aplikasi Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara yang bisa membantu visualisasi Anda mengenai metode baru tersebut.



Penggunaan aplikasi CAT sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2013 yang lalu dengan menggunakan aplikasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk dapat menjangkau di seluruh provinsi, penggunaan metode CAT akan memanfaatkan fasilitas yang ada pada Uji Kompetensi Guru (UKG) milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pihak Kementrian  PANRB sendiri telah memiliki rencana untuk memasukkan CAT kedalam website lowongan CPNS 2014 agar masyarakat dimudahkan dalam mengakses dimanapun tempat dan kapanpun dibutuhkan.