Friday, July 25, 2014

Doa Hari Raya Idul Fitri

Doa Hari Raya Idul Fitri

Doa yang diucapkan pada Hari Raya Idul Fitri di Indonesia Minal 'Aidin wal-Faizin sebenarnya merupakan tradisi yang dibawa dari Andalusia dan bukan seperti sunnah Nabi Muhammad. Berikut ini Doa atau Ucapan Hari Raya Idul Fitri menurut sunnah dan para sahabat Nabi.

Seorang Wanita Sholeh Berdoa Di Hari Raya Idul Fitri
Ilustrasi: Seorang wanita mengenakan mukena putih
berdoa di Hari Raya Idul Fitri.

Ucapan Minal 'Aidin wal-Faizin yang sering kita ucapkan ketika bertemu dengan saudara seiman ketika Lebaran ternyata berasal dari seorang penyair bernama Shafiyuddin Al-Huli pada masa Andalusia yang syairnya berkisah tentang dendang wanita ketika hari raya tiba. Dan doa atau ucapan tersebut bukanlah seperti sunnah dari Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

Berikut ini doa yang diucapkan ketika Hari Raya Idul Fitri menurut Muhammad bin Ziyad dari Ibnu At-Turkimani dalam kitabnya Al-Jauhar An-Naqiy Hasyiah Al-Baihaqi (3/320-321). Muhammad bin Ziyad, berkata:
Ketika itu aku bersama Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu anhu dan sebagian sahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam yang lain, lalu apabila mereka pulang sebagian mengucapkan kepada sebagian lainnya: (Taqabbalallahu minna waminkum) (Semoga Allah menerima amal kami dan kalian).
Imam Ahmad bin Hanbal berkata: "Sanadnya baik."

Jadi, Doa Hari Raya Idul Fitri yang disunnahkan yaitu Taqabbalallahu minna waminkum (Semoga Allah menerima amal kami dan kalian) atau Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu ‘alaik ("Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu").

© Copyright 2014 KompasPost
Sumber: Wikipedia.Org

No comments:

Post a Comment