Tuesday, February 16, 2016

Album Life of Pablo Kanye West Tidak Dijual di iTunes

Jika Anda termasuk penggemar dari penyanyi rapper Kanye West dan termasuk pengguna layanan iTunes dari Apple Music, kali ini anda tidak akan menemukan album terbaru miliknya yang berjudul Life of Pablo. Kabar terbaru dari suami Kim Kardhasian ini telah men-tweet pernyataannya mengenai album barunya tersebut.
Life of Pablo Kanye West

Berikut ini kutipan kicauan Kanye West melalui twitter pribadinya, "My album will never never never be on Apple. And it will never be for sale...You can only get it on Tidal." Lagu-lagu yang ada di Album terbaru Kanye West hanya akan bisa dibeli melalui layanan streaming musik dari Jay-Z.

Mirip dengan apa yang telah dilakukan oleh Taylor Swift pada albumnya 1989 yang tidak ingin berada di Apple Music, begitupun juga dengan Kanye West. Bedanya, apa yang dilakukan oleh Taylor Swift merupakan protes atas kebijakan dari Apple Music yang tidak memberikan royalti pada produser, artis, dan label dikaitkan dengan layanan trial atau mencoba gratis selama 3 bulan. Dimana protes Taylor Swift tersebut bertujuan memperjuangkan hak semua yang berkarya dalam musik.

Sedangkan, apa yang dilakukan Kanye West dengan album barunya yang berjudul Life of Pablo merupakan ambisi pribadinya. Belakangan ini tanpa alasan yang jelas, rapper berkulit hitam ini juga meminta uang ke pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan Larry Page sebesar 1 Milyar Dollar AS.

Sekedar mengetahui, jumlah pelanggan layanan berbayar iTunes mencapai 11 juta orang. Mereka membayar layanan bulanan sebesar $9.99 atau $14.99 untuk keluarga dengan 10 anggota. Bisa dibayangkan berapa masukan bulanan yang diterima Apple Music?