Wednesday, May 4, 2016

Aplikasi Microsoft Terbaru Untuk iOS: Word Flow

Pengguna produk Apple mendapat aplikasi buatan Microsoft baru-baru ini yang berfungsi memberikan pengalaman baru menggunakan aplikasi keyboard berbasis sistem iOS. Aplikasi bernama Word Flow buatan Microsoft ini sudah tersedia di App Store untuk Anda download, berikut ini apa saja yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi keyboard tersebut.

Untuk mendownload aplikasi ini Anda harus menggunakan ID dari wilayah Amerika Serikat (US) karena meskipun sudah tersedia di App Store namun belum tersedia untuk wilayah Indonesia. File yang dimiliki aplikasi Word Flow tidak memakan tempat banyak, hanya sebesar 70,7 MB saja.

Fitur Dari Aplikasi Word Flow

Tampilan Aplikasi Word Flow
inet.Detik.com image

Menurut deskripsi yang ada dari developer, Microsoft Project, Word Flow dibuat untuk memberikan pengalaman mengetik cepat di papan layar keyboard smartphone hanya menggunakan satu tangan dan satu jari jempol Anda dan bukan jempol orang lain. Bisa juga menggeser huruf per huruf ke tempat yang diinginkan.

Video Review Aplikasi iOS Word Flow



Aplikasi ini dibuat sedemikian pintar agar dapat memprediksi kata apa yang akan muncul, tentu saja dengan bahasa Inggris, namun Anda dapat menyetel untuk mematikan setting tersebut. Bukan perkiraan kata saja yang diprediksi oleh aplikasi ini, begitu juga dengan nama. Word Flow mengekspor nama dari kontak yang ada di internal memori smartphone Anda sehingga bisa memperkirakan nama siapa yang akan Anda ketik, hehe..sudah seperti dukun saja.

Tampilan Tema Aplikasi Word Flow
inet.Detik.com image

Fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan di aplikasi word flow ini adalah mengubah tema aplikasi seperti yang diinginkan. Anda bisa mengganti background layar papan ketik di menu yang tersedia serta melihat preview sebelum diaplikasikan ke setelan Anda.

Meskipun aplikasi ini keseluruhan menggunakan bahasa Inggris dan begitu juga kata yang diprediksi, namun dengan seringnya Anda mengetik menggunakan bahasa Indonesia maka kata tersebut akan keluar juga di prediksi karena aplikasi Word Flow dibuat untuk otomatis menampung masukan kata yang sering dipakai penggunanya.

Cara Download Aplikasi Word Flow Dan Setting

Jika tertarik untuk download aplikasi Word Flow besutan Microsoft ini maka seperti biasa masuk ke Apple App Store, setelah terinstal lakukan setting sebagai berikut:

  1. Settings > General > Keyboard > Keyboards
  2. Add New Keyboard
  3. Pilih Word Flow
  4. Allow Full Access dengan menggeser tombol ke kanan pada opsi yang tersedia

Untuk cara menjadikan Word Flow sebagai keyboard default Anda, masih di pengaturan keyboard tekan tombol pojok kanan atas. Tekan dan tahan tiga garis yang ada disebelah kanan keyboard lalu geser ke bagian atas. Selesai.

Cara Mengganti Tema Aplikasi

Tampilan Setting Aplikasi Word Flow
inet.Detik.com image

Anda bisa mengganti tema atau layar belakang dari aplikasi ini dengan cara:

  1. Masuk ke aplikasi Word Flow
  2. Di menu My Themes tekan tombol +
  3. Pilih foto yang ada di Camera Roll
  4. Mulailah crop bagian gambar yang Anda sukai dan Apply Crop untuk menyetujuinya
  5. Untuk tampilan keyboard, sesuaikan jenis huruf dengan klik tombol Abc dengan yang Anda sukai
  6. Untuk warna dari huruf, tekan tombol lingkaran disamping tombol Abc dan pilih warna yang diinginkan
  7. Klik Save untuk menyimpan pengaturan Anda


Cara Mengganti Word Flow Menjadi Fitur Satu Tangan

Untuk mengganti tampilan keyboard Word Flow menjadi fitur penggunaan satu tangan sangat mudah. Anda tinggal tekan dan tahan tombol kurva di ujung kiri atau kanan atas pada papan keyboard lalu geser kebawah. Lihat, tampilan keyboard akan melengkung mengikuti arah geser jari Anda.

Begitu juga ketika ingin mengembalikan ke posisi ketik normal menggunakan 2 jari, bisa Anda kembalikan tampilan keyboard dengan tekan dan tahan tombol kurva di pojok kiri atau kanan bawah keyboard dan menggesernya kembali ke atas.

Rangkuman

Persaingan yang ketat antara developer untuk membuat aplikasi baru dan tidak berhenti melakukan inovasi produk membuat konsumen dihadapkan pada banyak pilihan. Untuk tips gunakan saja aplikasi yang kiranya benar-benar Anda butuhkan dan lihat dari segi fungsinya. Apakah memang memberikan keuntungan bagi Anda. Tawaran kemudahan dan efisien memang menggiurkan namun bukan berarti menjadikan kita kolektor aplikasi di gadget yang kita gunakan.

No comments:

Post a Comment