Thursday, April 28, 2016

Cara Merawat Kuku Agar Indah Dan Kuat

Dengan memiliki kuku yang indah menghiasi setiap jari tangan dan kaki bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Tidak hanya terlihat cantik namun juga kesan selalu menjaga kebersihan dapat tercermin dari sehatnya kuku yang kita miliki. Berikut ini beberapa cara merawat kuku yang bisa kamu lakukan biar bisa terlihat indah dan juga kuat.

Secara tidak langsung meskipun hanya terlihat di ujung tubuh kita namun ternyata kalau sadar kuku kita kusam, memiliki bentuk yang tidak rapi, apalagi kotor pastinya akan menghalangi aktivitas sosial kita. Mau berjabat tangan jadi ragu, mau menulis didepan orang juga ragu, di acara makan bersama saat menggunakan tangan juga malu, apakah itu pernah kamu rasakan ? Mungkin kamu pernah juga mencoba menggunakan kuku untuk mencungkil sesuatu dan mendapati ternyata kuku kamu mudah rusak dan menyadari betapa rapuhnya kuku yang kamu miliki?

Cara Merawat Kuku

Untuk menghindari hal-hal diatas tentu saja kamu harus mulai ambil aksi untuk mulai merawat kuku kamu, tidak perlu sampai harus melakukan perawatan di salon. Beberapa cara perawatan di bawah ini bisa kamu coba dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya banyak, hanya perlu kesabaran.

Multivitamin Untuk Kuku Sehat

Salah satu faktor yang bisa merusak kuku adalah kurangnya asupan vitamin. Seperti bagian tubuh lainnya, kuku juga membutuhkan multivitamin yang bisa kita dapatkan dari makanan kita sehari-hari. Multivitamin yang dibutuhkan antara lain adalah vitamin A (Retinol), vitamin C, Zinc (Zinc), vitamin B3 (Niasin), dan juga Kalsium. Kamu bisa mendapatkan vitamin tersebut dari mulai memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

  • Untuk sumber vitamin C dan vitamin A (Retinol), bisa kamu dapatkan dari buah, sayuran, biji-bijian, umbi-umbian, serta hasil olahan dari hewani. Berikut ini daftar yang bisa kamu coba dapatkan:
    • Buah: Apel, Nanas, Anggur, Kesemek, Kiwi, Nangka, Alpukat, Kurma, Labu, Kesemek, Pepaya, Pisang, Belimbing, Cabai, Aprikot, Mangga, Tomat, Persik
    • Sayuran: Bayam, Kangkung, Wortel, Brokoli, Sawi, Kalian, Lobak Hijau, Selada, Paprika Merah, Kemangi, 
    • Biji-bijian: Kacang Kapri, Gandum (Oatmeal)
    • Umbi: Ubi Jalar, Singkong, Talas, Kentang
    • Hewani: Hati Sapi, Ikan Salmon, Hati Ayam, Ikan Tuna, Ikan Makarel, Mentega, Susu, Telur, Keju, Yoghurt
  • Untuk makanan yang mengandung Zinc (Seng) bisa kamu dapatkan dari beberapa makanan berikut: Coklat Hitam, Bayam, Kepiting, Jamur, Bawang Putih, Kacang, Kuning Telur, Daging Merah, dan Kerang.
  • Sumber vitamin B3 (Niasin) bisa kamu dapatkan dari Buah Mangga, Jamur, Asparagus, Ikan Tuna, Ikan Salmon, Daging Sapi, Dada Ayam, Telur, dan Susu.
  • Kalsium yang diperlukan bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi Yoghurt, Susu, Ikan Salmon, Lobak, Biji Wijen, Susu Kedelai, Jeruk, Sarden, Brokoli, dan Pisang.
Dari beberapa sumber makanan diatas mengandung vitamin-vitamin yang bisa kamu konsumsi sebagai salah satu cara perawatan kuku agar terlihat indah sehat. Karena banyak sekali, ambil saja beberapa yang biasa dan dapat kamu temui sehari-hari.

Perawatan Kuku Di Rumah

Untuk merawat kuku tangan dan kaki, beberapa cara ini bisa kamu coba:
  • Gunakan losion dua kali sehari dengan cara mengoleskannya di setiap kuku, pijat sebentar, diamkan 2 menit lalu bersihkan
  • Biasakan mengeringkan kuku setiap habis membasuh tangan atau kaki
  • Setiap 2 minggu sekali pijat masing-masing kuku secara lembut dengan vitamin E
  • Untuk memotong kuku jangan sampai mentok di kuku dalam, sisakan sedikit. Potong kuku degan bentuk mengikuti jari dan jangan membuat runcing karena akan memudahkan kuku cepat rusak
  • Tips memotong kuku yang keras, rendam terlebih dahulu kuku sebentar sebelum memotong karena itu akan membuat kuku lebih empuk dan memudahkan untuk dipotong
  • Hindari menggunakan kuku untuk aktivitas mencungkil atau membuka benda keras, pakai alat dan jangan paksakan kuku kamu yang menerima beban itu.
  • Saat mencuci gunakan sarung tangan karet yang bisa melindungi reaksi sabun yang keras pada kuku
Itulah beberapa cara untuk merawat kuku agar bisa terlihat indah sehat dan kuat yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment