Wednesday, May 4, 2016

Tips Internet Marketing Sukses Promosi Produk Di Media Sosial

Ketika mulai memikirkan bagaimana cara memasarkan produk atau jasa melalui internet maka Anda sudah harus siap menghadapi pemasaran global. Tantangan yang akan ditemui bukan sebatas apa yang ditawarkan namun persaingan yang ketat dari marketer lain. Disini akan saya coba berbagi tips Internet Marketing yang diambil dari pengalaman saya dalam pemasaran melalui promosi di media sosial yang mampu mendongkrak penjualan produk Anda.

Menentukan Target Pemasaran

Internet Marketing Media Sosial
Jutaan orang yang telah menggunakan aplikasi media sosial saat ini merupakan target pasar yang sangat menjanjikan. Bermacam usia, latar belakang pekerjaan, dan sosial, masing-masing memiliki strategi yang berbeda untuk mempromosikan produk atau jasa. Dengan menentukan target konsumen hal tersebut dapat mempersempit lingkup pemasaran Anda sehingga selain promosi yang lebih fokus, daya jual produk juga akan meningkat.

Untuk menentukan target pemasaran itu sendiri, yang pertama harus diketahui adalah apa yang akan Anda tawarkan untuk mereka. Ketahui apa yang mereka butuhkan dan apakah manfaat serta keunikan yang ada pada produk Anda memberi nilai lebih dibandingkan dengan produk lain yang biasa mereka gunakan. Melakukan sinkronisasi antara target pasar dan produk merupakan basic dari awal pemasaran.

Sebagai contoh, misal Anda menjual susu bayi maka tidak mungkin Anda mendapat hasil penjualan yang bagus di target umur 18 tahun kebawah. Promo akan lebih mendapat respons yang baik ketika Anda memasarkannya untuk usia 25 tahun keatas. Jadi disini bisa disimpulkan jika usia dan kebutuhan masing-masing sangat berpengaruh untuk mendapatkan hasil maksimal dari promosi.

Strategi Pemasaran Media Sosial

Anda pasti sudah mengetahui aplikasi berbasis sosial mana saja yang populer saat ini, yup.. Google Plus, Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi. Untuk mulai membangun bisnis di media sosial ini tentu saja langsung terjun ke dalam aplikasi tersebut. Mulailah mendaftar ke semua aplikasi sosial yang Anda ketahui dan apa yang saudara atau teman Anda miliki. Berikut ini ada video tips dan langkah-langkah yang bisa Anda coba ikuti.

1. Mulai Bangun Jaringan Sosial

Mulailah membangun jaringan di aplikasi yang sudah Anda miliki. Langkah pertama undanglah saudara dan kaitkan akun dengan mereka, lalu gunakan mesin pencari untuk mendapatkan info siapa saja teman yang juga menggunakan aplikasi tersebut. Anda bisa mencoba mengetik nama sekolah, kampus, atau organisasi yang pernah Anda ikuti. Buatlah pertemanan sebanyak yang Anda bisa dengan mereka dan mulailah bersosialisasi seperti biasa.

Yang perlu diperhatikan, jangan di awal Anda mulai pertemanan dengan melulu menawarkan produk Anda. Saya punya teman yang mencoba berbisnis online, melakukan promosi terus menerus baik itu di akun media sosial miliknya atau di bbm yang selalu broadcast (bc). Perlahan tapi pasti semua jaringan yang telah dia bangun mulai runtuh, satu persatu meninggalkan dia. Siapa saja akan mblenger jika terus menerus dijejali promosi, sekalipun dia saudara Anda sendiri.

Strategi yang tepat untuk mempromosikan produk itu "ada tapi tidak terlihat"

Buatlah sehalus mungkin promosi yang Anda sedang jalankan dan jangan transparan. Anda bisa menyelipkan kata-kata yang bisa mengingatkan lawan bicara dengan apa yang Anda miliki. Di sinilah alam bawah sadar yang bekerja, ketika mereka membutuhkan maka otomatis mereka akan teringat pada Anda. Lihat juga artikel tentang Tips Sukses Internet Marketing.

Penjualan sistem media sosial bukan penjualan langsung seperti layaknya iklan di tv atau koran. Anda memang diberi kebebasan bisa langsung berbicara kepada calon konsumen, namun tetap melalui tahap untuk bisa berakhir dengan sukses menjual.

2. Ketahui Fitur Aplikasi Sosial

Langkah berikutnya adalah mulai belajar untuk memanfaatkan fitur yang tersedia di aplikasi sosial tersebut. Setiap aplikasi memiliki keunikannya masing-masing dan berbeda pula cara memanfaatkannya untuk tujuan Anda. Berikut ini akan saya jelaskan apa saja yang bisa Anda peroleh dari Google Plus, Facebook, dan Twitter, untuk aplikasi yang lain akan saya jelaskan di lain pertemuan kita.

Google Plus
Aplikasi sosial yang dimiliki oleh Google ini berkembang cukup pesat. Google Plus memiliki tampilan awal unik yang langsung bisa memberitahu kita apa yang sedang trend saat ini dan memberi rekomendasi apa saja yang mungkin kita minati untuk diikuti. Mengapa bisa membantu kita? Berikut ini penjelasannya.

Salah satu keunggulan Google Plus adalah kita bisa memberikan tag ke siapa saja, baik itu orang maupun grup halaman tertentu. Caranya cukup mudah, setiap kita akan berbagi di kolom status, disitu kita bisa berbagi ke siapa saja melalui tombol yang tersedia atau mengetik di kotak pencarian untuk lebih khususnya.

Seperti yang saya terangkan pada awal mula bahwa yang terpenting adalah membangun jaringan dahulu maka jangan terburu-buru untuk melakukan promosi. Buatlah status yang Anda miliki mendapat respon yang bagus sehingga mereka tergerak untuk membagikan apa yang Anda bagikan. Di sinilah maka rangkaian jaringan Internet Marketing akan terbentuk dan semakin luas promosi yang bisa Anda lakukan nantinya.

Pada Tips Internet Marketing Seri 1 mengenai bagaimana sukses melakukan promosi produk melalui media sosial saya cukupkan dulu sampai disini dan akan saya sambung nanti di Seri 2. Jangan lupa untuk berlangganan artikel untuk mengikuti kelanjutannya yang akan membantu Anda untuk mendapatkan penjualan secara maksimal melalui internet.

Ada apa di Seri 2?

Akan saya kupas lebih dalam dilengkapi dengan panduan gambar untuk tips memasarkan produk melalui Google Plus, Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

No comments:

Post a Comment