Thursday, May 19, 2016

Bahaya Menjalani Reseller Bisnis Online Yang Perlu Diwaspadai

Menjadi seorang yang menjalankan bisnis online memang akan dijanjikan mendapat berbagai keuntungan selain karena tanpa modal, hal tersebut tidak lepas bagaimana cara kita menjalankannya. Namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai oleh kamu sebagai reseller yang ingin terjun ke bisnis online ini, apa saja yang harus kamu ketahui dan hindari? Berikut ini penjelasannya.

Salah satu dari keuntungan yang sempat aku singgung diatas ketika kamu menjadi seorang internet marketer tentu saja antara lain akses melakukan promosi yang tidak terbatas. Melalui internet kita bisa menawarkan produk atau jasa yang dimiliki tidak hanya sebatas kota, seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Hal tersebut memungkinkan datangnya calon pelanggan dengan ruang lingkup yang sangat luas, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha kamu kedepannya.

Untuk menjalankan bisnis online pun tidak dituntut untuk memiliki bentuk fisik dari toko seperti kebanyakan, hanya dengan bermodal jaringan internet serta perangkat untuk mengaksesnya maka bisnis bisa langsung jalan. Lihat cara mudah bisnis online tanpa modal di artikel sebelumnya.

Dengan usaha yang maksimal diikuti dengan pengetahuan bagaimana kamu memulainya maka proses menuju kesuksesan penjualan melalui fasilitas internet akan tercapai. Memang harus diakui bawa untuk meraih keberhasilan tersebut diperlukan waktu, kesabaran, dan keuletan. Meskipun caranya mudah, pastinya itu bukan sesuatu yang instan belaka dan tetap melalui proses.

Di artikel mengenai bisnis online tanpa modal yang lalu, salah satu yang bisa diterapkan adalah menjual produk atau jasa dari pemiliknya dan mengambil keuntungan dari selisih nilai lebih harga jual awal. Dengan sistem pemasaran seperti itu bisa dikatakan bahwa kamu adalah seorang reseller dalam posisi jual beli tersebut. Sistem dan strategi yang diterapkan dalam kamu berbisnis online ini memiliki keuntungan dan tentu saja kelemahan; kelemahan yang bisa berujung pada rusaknya kredibilitas kamu sebagai penjual.

Seperti bisnis-bisnis yang dilakoni oleh para pengusaha lainnya maka menjadi seorang reseller tentu saja akan menghadapi masalah berkaitan dengan usaha yang dijalankan dimana hal tersebut menjadi sesuatu bahaya yang perlu diwaspadai. Mengambil contoh dari pengalaman yang sering aku hadapi, berikut ini yang terjadi.

Barang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembeli

Komplain mengenai barang yang telah diterima pembeli dimana dia mengatakan bahwa ada ketidaksesuaian apapun itu bentuknya, entah menyangkut rusaknya barang ketika diterima atau kualitas yang tidak sesuai adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Suatu waktu kamu akan mengalaminya. Siapa yang akan dikejar? Tentu saja kamu yang telah menyanggupi untuk mengirimkan barang tersebut.

Perilaku umum reseller, mereka jarang sekali yang ada mengaku bahwa mereka adalah penjual yang tidak memiliki barang. Strategi pemasaran yang sering dilakukan cenderung memberikan keyakinan kepada calon pembeli bahwa mereka memiliki barang yang ditawarkan, entah hal tersebut dilakukan secara terang-terangan atau sedikit menutupi.

Dan kemudian masalah muncul, stok barang tidak ada, atau mungkin ada tapi ternyata harganya lebih mahal dari yang telah kita survey sebelumnya, lihat perihal survey di artikel sebelumnya dengan judul Bisnis Online Tanpa Modal Bagian 2. Atau mungkin juga barang ada tapi ongkos kirim tidak sesuai, dan masih banyak lagi contohnya. Ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan agar setidaknya bisa terhindar dari berbagai masalah yang timbul atau bagaimana sikap yang perlu dilakukan, seperti solusi dibawah ini:

  1. Ketersediaan Stok
    Selalu update merupakan kunci agar kamu bisa mengetahui ketersediaan barang, lakukan komunikasi ke penjual jika memungkinkan. Tanyakan apakah stok tersedia dan jika kosong tanyakan pula kapan mereka akan stok kembali sehingga kamu bisa memperhitungkan lama tidaknya ketersediaan barang tersebut. Melakukan update setidaknya sebulan dua kali akan memberikan nilai lebih pada kredibilitasmu sebagai penjual online nantinya.
  2. Teliti Pada Ongkos Kirim
    Kadang didapati penjual online yang nakal, pada keterangan atau deskripsi produk yang dilampirkan, berat yang tercantum pada spesifikasi barang tersebut tidak sesuai. Hal tersebut bisa membuat ongkos kirim menjadi lebih tinggi. Contoh saja dalam satu dus kotak susu 250 gram namun di deskripsi ditulis menjadi 350 gram.
    Perbedaan mungkin hanya sekitar 100 gram, namun ketika kamu membeli 10 dus ketika diakumulasi maka memberikan selisih berat 1 Kilogram. Seperti yang diketahui, pada jasa pengiriman umumnya bahwa berat dibawah satu kilo tetap akan dihitung satu kilo. Hal tersebut tentu saja akan memberatkan kamu nantinya karena ongkos kirim membengkak dan ditanggung oleh pembeli.
  3. Kejujuran Yang Utama
    Bagaimana jika ternyata pada suatu ketika pengiriman yang kamu lakukan bermasalah dan kemudian berakibat dikejar terus pertanyaan mengenai status paket oleh pembeli? Ada dua pilihan, menghindar dan hadapi. Sebagai seorang penjual yang baik tentu saja ingin memberikan pelayanan maksimal kepada pembelinya. \
    Namun meskipun telah melakukan sesuai prosedur, kadang sering pula kita menghadapi permasalahan yang tidak diduga. Dan hal itu terkadang membuat kita panik ketika dikejar pertanyaan oleh pembeli. Berbagai alasan mulai dirangkai dalam pikiran untuk mengelak dari tuduhan yang mungkin akan dilayangkan ke kita.
    Sebenarnya kita tidak perlu takut ketika berada dalam posisi tersebut, bersikap apa adanya adalah hal yang perlu kamu lakukan. Katakan terus terang dan jujur mengenai masalah yang kamu hadapi. Lalu bagaimana jika pembeli akhirnya membatalkan pesanan dan meminta uang dikembalikan? Ya lakukan saja, hal tersebut lebih baik untuk kamu lakukan daripada mendapat pusing karena memikirkan pesanan yang bermasalah.
    Kembalikan uang jika diminta, minta maaf, jelaskan permasalahannya dan lakukan review ulang pada proses yang telah kamu lalui ketika mendapat pesanan yang bermasalah. Dengan mengetahui letak kesalahan yang ada diharapkan kejadian tersebut tidak akan terulang kembali.

Itulah apa yang bisa kamu hadapi ketika menjalankan bisnis online sebagai reseller dimana selain keuntungan bisa didapat karena bisa menjalankannya tanpa modal serta beberapa masalah yang ada.

2 comments:

  1. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran SGP DAN TOTO Malaysia
    angka yang di berikan waktu itu 4D yang
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 257.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda serius Dan percaya kpd MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari ....
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547
    ‌.,

    ReplyDelete
  2. permisi kakak2 numpang promo ya
    yang suka main poker dan domino online, mari gabung di sini bersama kami di www.saranapelangi.com. kini hadir dengan 7 permainan yang dapat dimainkan dalam 1 website. dapatkan jackpot hingga ratusan juta setiap harinya. gak mau kalah teruskan main poker dan domino online ? ayo buruan gabung bersama kami di www.saranapelangi.com

    Saranapelangi.com adalah satu - satunya Website Dengan Player VS Player Tanpa Menggunakan Bot (tanpa ROBOT) 100% Fair Play!!!

    Hot Promo Dari SaranaPelangi!!!
    *Bonus Rollingan Sebesar 0,5%
    *Bonus Refrensi Sebesar 20%

    Tunggu Apalagi?!, Ayo Gabung Dan Main Bersama Kami!!!


    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di www.saranapelangi.com atau melalui android kami.

    - BBM : 2B47BB9C
    - CALL : +855964972098
    - WEECHAT : saranapelangi
    - SKYPE : saranapelangi
    - EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com
    - FACEBOOK : saranapelangi99@yahoo.com

    WWW.SARANAPELANGI.COM

    ReplyDelete