Monday, May 16, 2016

Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menguntungkan Bagian Ke 2

Seperti sudah aku janjikan kemarin akan ada sambungan untuk artikel Bisnis Online Terbaru Bagian ke 2 ini yang akan menerangkan bagaimana caranya kamu bisa bisnis online tanpa modal yang menguntungkan hanya dengan berbekal jaringan internet. Karena janji adalah hutang maka disini aku mencoba kembali untuk mempersembahkan hasil ketikan di tengah malam ini.

Bagi yang belum mengetahui materi apa saja yang sudah aku bagikan di artikel kemarin, silahkan membaca dulu bagian satunya. Soalnya kalau tidak komplit mengikuti bisa-bisa percuma karena akan berkaitan dengan apa saja yang dibagikan saat ini dan kemudian harinya. Lahh... ada di kemudian hari? Berarti bakalan panjang lebar dong penjelasannya? Iya pasti, tapi itu semua demi kamu.. iyaa.. kamuu..karena hal mengenai bisnis online ini bukanlah instan belaka. Halahh.. paling cuma kepengen curhat lagi makanya dibuat panjang lebar..hehehe.

Tapi kalau aku liat-liat gaya penulisan ini seperti orang gila, kenapa begitu? ya karena aku tanya sendiri terus jawab sendiri juga..hadehh. Apalagi nggak ada yang komentar, jangankan komentar. Lha wong baru baca saja sudah eneg trus tutup lagi kok hehehe. Biarin saja, yang penting curhat malam ini bisa tersalurkan. Orang mau baca apa enggak bodo amat.

Di artikel terakhir aku sudah berbagi pengalaman bahwa bisnis online itu tidak perlu mengeluarkan modal besar. Jualan pakai barang orang juga bisa sehingga tercipta hukum dagang online bahwa dengan bermodal niat dan keyakinan serta berdoa kepada Allah Yang Maha Esa serta Maha Memberi maka jualan online pun bisa kita dapat untung dari situ.

Asal tahu caranya maka siapapun pasti bisa melakukannya, nah..disini saya punya misi agar kamu-kamu yang mau baca artikelku ini bisa bisnis online sendiri secara otodidak. Tanpa basa-basi lagi aku mulai saja ya. Paragraf terakhir berceramah mengenai survey produk, maka selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan survey harga. Jika belum membaca bagian pertama bisa kamu ketahui disini.

Survey Harga Demi Mendapat Perhatian Calon Konsumen

Mengapa aku beri judul cari perhatian? Itu disebabkan oleh perilaku para konsumen di Indonesia kebanyakan yang rata-rata mencari barang yang mereka inginkan dengan patokan awal melihat harganya setelah mereka mengetahui akan membeli apaan. Sudah menjadi hal yang alami untuk manusia mencari yang lebih murah untuk beberapa alasan. Yang sering dibuat alasan mengapa mencari harga termurah adalah isi kantong mereka. Benar bukan? Kalau mereka sudah tidak berpikir mengenai harga maka berapapun harga dari barang yang mereka butuhkan akan dibeli juga karena mereka punya uang dan tidak mempunyai masalah apapun dalam mengeluarkan berapa banyak uang mereka. Hal ini juga terkait pada sesi berikutnya mengenai "Minat Konsumen" dan "Bagaimana Menumbuhkan Minat Beli".

Kembali ke masalah harga produk, karena saat ini fokus kita mencari harga terendah dari produk maka penentuan akhir hal tersebut akan dibantu oleh hasil dari survey produk yang kita bahas di artikel bisnis online di rumah bagian awal. Catatlah kembali masing-masing harga produk yang telah kamu kumpulkan datanya sebelumnya. Yang perlu diingat disini adalah untuk produk harus mempunyai fungsi yang sama namun boleh berbeda atau memiliki variasi mengenai kualitasnya.

Setelah kamu dapat masing-masing harga maka hal berikutnya adalah melakukan perbandingan. Pilih tiga item dengan selisih harga yang tidak jauh lalu bandingkan mengenai harga dan kualitas produk tersebut, manakah yang lebih unggul itulah yang akan kamu pasarkan. Lakukanlah dua sesi atau tahap ini dengan hati-hati dan cermat karena hal ini berkaitan dengan persaingan antara para marketer online.

Berlanjut ke sesi berikutnya yuk.. kali ini mengenai survey konsumen. Apa saja yang bisa kamu dapatkan disini dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya?

Survey Konsumen Untuk Menentukan Target Pemasaran Yang Jelas

Survey konsumen? apakah kita perlu menanyai orang satu persatu? Ya tidaklah, jika kamu melakukan hal tersebut bisa saja tapi tentu kamu memerlukan waktu yang tidak sedikit..terus kapan mau jualannya? Nah untuk lebih jelasnya apa yang akan aku bagi saat ini, ikuti terus dan hiraukan saja omonganku yang nggak penting lalu ambil saja yang bermanfaat, ok cuyy?

Tidak dipungkiri, konsumen merupakan perjalanan terakhir dari barang yang kita jual, di situlah barang kita akan bermuara. Seperti pepatah tak kenal maka tak sayang, disini kita juga sudah seharusnya mengenal siapa calon konsumen kita. Ini bisa saja memerlukan keahlian kepo tingkat dewa hehehe.. Nggak juga kok.

Sebagai seorang Penjual, posisikan dirimu sebagai seorang Konsumen.

Karena sesi yang aku terangkan satu dan lainnya merupakan kesatuan, begitu juga dengan survey kita kali ini mengenai konsumen.  Target konsumen bisa dilihat dari fungsi produk yang kamu jual, dengan kata lain mengertilah tentang fungsi dari produk kamu maka kamu akan mengetahui siapa target pasar kamu. Survey konsumen akan berbalik dan kamulah yang disurvey, pertanyakan pada dirimu sendiri mengenai semua hal mengenai produk tersebut lalu berusahalah menjawab pertanyaan kamu sendiri. Seperti orang gila bukan? Hehehe..

Beberapa hal yang bisa kamu tanyakan sebagai bahan survey, seperti:

  1. Apakah manfaatnya barang ini jika aku membelinya?
  2. Berapa lama aku memakainya?
  3. Apakah ada yang lebih baik dari barang ini?
  4. Apa harganya kemahalan dan masuk akal?
  5. Bagaimana kualitas produknya?
  6. Apakah ada garansinya?
  7. Dan seterusnya..kembangkan sendiri pertanyaan kamu

Ketika ketiga sesi belajar bisnis online sudah kamu lakukan dengan benar maka kamu sudah siap sekitar 70% untuk bisa terjun ke dunia pasar internet. Terus bagaimana dengan yang 25% itu? Mengenai sesi berikutnya akan aku jelaskan, kalau kamu masih mau mengikuti tentunya hehehe.. Sampai jumpa di Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menguntungkan Bagian 3 di waktu lain.

1 comment:

  1. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran SGP DAN TOTO Malaysia
    angka yang di berikan waktu itu 4D yang
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 257.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda serius Dan percaya kpd MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari ....
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547
    ‌,,

    ReplyDelete