Wednesday, May 11, 2016

Cara Mudah Membersihkan Kacamata

Mengingat mahalnya harga kacamata tentu saja akan membuat kita semakin berhati-hati menggunakannya serta merawatnya baik-baik. Berikut ini akan saya bagi tips bagaimana cara mudah membersihkan kacamata sehingga terhindar dari goresan pada lensa dan membuatnya terlihat lebih bersih juga jernih sehingga tidak menyebabkan sakit kepala ketika memakainya akibat mata terlalu tegang dan lelah karena terganggunya fokus pada kacamata.

Penyebab Kacamata Menjadi Kotor Dan Tergores

Kacamata Rawan Kotor Dan Kena Gores

Penggunaan kacamata setiap hari di segala aktivitas yang membutuhkannya tentu saja akan membuat kacamata rawan kotor dan kena goresan meski kita sudah berhati-hati namun tetap saja hal tersebut tidak bisa dihindari. Kotoran yang menempel pada lensa bisa didapat dari jari jemari kita yang meninggalkan noda sidik jari saat hendak menggunakannya. Debu yang terdapat didalam rumah meski tidak terlihat namun beberapa partikel debu yang melayang bisa mampir hinggap di lensa kacamata sehingga menjadi buram. Yang membuatnya menjadi lebih parah yakni tanpa sadar kita melapnya menggunakan sembarang kain atau kertas tisu sehingga membuat goresan pada lapisan pelindung di kacamata.

Kacamata Kotor Membuat Mata Cepat Lelah


Saat kita memaksakan tetap menggunakan kacamata yang kotor atau kondisi tergores, hal itu bisa membuat mata menjadi cepat lelah. Mengapa? itu karena saraf mata yang terlalu tegang ketika selalu fokus pada penglihatan melalui kacamata tersebut sehingga menjadi cepat lelah. Kamu pasti tidak ingin hal itu terjadi karena pastinya akan mengganggu konsentrasi ketika belajar, bekerja, dan semua aktifitas yang mengharuskan kamu memakai kacamata meskipun mungkin hanya sekedar memakai kacamata fashion untuk bergaya.

Kacamata yang kotor karena debu bisa membuat mata menjadi iritasi juga dikarenakan mungkin mengandung bakteri atau virus yang bisa menempel di selaput mata kita. Lalu bagaimana caranya agar kacamata kita bisa selalu terlihat bersih dan jernih ketika dipakai sehingga mata juga tidak terkena dampaknya? Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Cara Membersihkan Kacamata Yang Benar

Pada saat pembelian kacamata pertama kali tentunya kamu akan mendapat alat pembersih dari toko kacamata tersebut, seperti lap, cairan pembersih, dan tempat kacamata. Dengan melakukan perawatan yang benar dan rajin membersihkannya, selain akan membuat kacamatamu terlihat selalu bersih tentu saja akan menghindari efek buruk yang sudah saya jelaskan diatas.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengikuti petunjuk cara menggunakan cairan pembersih yang tercantum di kemasan lalu melapnya secara hati-hati. Terus bagaimana jika cairan pembersih kamu habis, apakah ada cara lain selain membeli yang baru di toko? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat cairan pembersih alternatif yang bisa kamu gunakan.


1. Membersihkan Menggunakan Sabun:

  1. Siapkan kain mikrofiber atau kain halus khusus untuk lap lensa atau kamera. Jangan pernah menggunakan tisu kertas atau kain selain berbahan mikrofiber karena akan merusak lapisan pelindung pada kacamata.
  2. Sabun bayi atau sabun mandi secukupnya.

Caranya:

Pegang kacamata dengan tangan telunjuk dan ibu jari tangan kiri secara hati-hati lalu siram dengan air yang mengalir agar debu atau partikel lain yang menempel pada lensa bisa terbawa sebagian. Gunakan jari telunjuk tangan kanan yang telah terolesi sabun untuk mulai menggosok lensa secara perlahan dengan gerakan memutar. Setelah selesai bilas dengan air hangat suam kuku dan keringkan dengan kain mikrofiber. Jika masih terlihat beberapa noda yang masih menempel, ulangi urutan langkah diatas hingga lensa kacamata menjadi bersih.

2. Membersihkan Menggunakan Baking Soda atau Pasta Gigi

Kamu bisa membuat sendiri adonan pembersih dengan menggunakan baking soda dan air. Jika ada pasta gigi bisa juga kamu gunakan untuk membersihkan kacamata. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pasta gigi yang akan kamu gunakan sebagai pembersih disini adalah jangan menggunakan yang mengandung pemutih karena membuat abrasi pada lapisan pelindung lensa, jangan berbentuk gel dan jangan mengandung mint. Jika terlalu ribet atau kamu tidak memilikinya, kamu bisa membuat sendiri dengan baking soda yang telah dicampur air.

Caranya:
Pengang kacamata dengan hati-hati dan oleskan adonan baking soda atau pasta gigi tersebut dengan gerakan kecil memutar secara merata. Setelah kira-kira cukup bersih maka bilas dengan air hangat suam kuku lalu keringkan dengan kain mikrofiber.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Cara membersihkan kacamata ini tergolong mudah untuk kamu ikuti, cukup potong jeruk nipis menjadi dua bagian dan rendam di air hangat bersama kacamata kamu. Setelah kira-kira 15 menit bisa kamu angkat dan keringkan dengan kain mikrofiber halus.

Rangkuman

Itulah beberapa cara mudah untuk membersihkan kacamata yang bisa saya bagikan kali ini yang dirangkum dari beberapa sumber serta pengalaman pribadi. Dari apa yang saya sampaikan diatas, berikut ini sebagai pengingat kamu:

  • Ikuti cara perawatan yang tertera di kemasan pembersih kacamata
  • Selalu gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan lensa agar terhindar dari goresan
  • Rajin membersihkan jangan tunggu kacamata terlihat kusam dan buram yang akan mengakibatkan masalah pada kenyamanan mata

Akhir kata, terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment