Wednesday, May 4, 2016

Tips Sukses Internet Marketing Di Bisnis Online Anda

Apa saja yang perlu Anda persiapkan agar sukses di Marketing secara online akan saya bahas kali ini. Jika Anda berencana ingin merambah ke bisnis online sebagai internet marketer atau mungkin sudah berkecimpung tapi memerlukan tambahan tips dan bingung tidak tahu cara menjalankannya, berikut ini akan saya jelaskan secara mudah.

Untuk memulai suatu bisnis online bukan hanya tentang search engine optimizer saja, hanya ada 2 faktor yang perlu Anda perhatikan dan mempersiapkannya dengan matang agar kesuksesan yang diinginkan bisa tercapai. Faktor tersebut adalah produk dan startegi pemasaran. Pengelompokan tersebut akan mempunyai banyak cabang dan perluasan penjelasan yang mungkin tidak akan habis dibahas. Namun akan saya coba sederhanakan disini karena saya yakin Anda tidak memiliki waktu banyak dan ingin segera memulai bisnis online secara benar muehehe..

Tips Internet Marketing

Kualitas Produk Terbaik Di Market Online Anda

Baiklah, yang pertama akan saya bahas adalah produk yang akan Anda jual secara online. Faktor utama yang perlu diperhatikan disini adalah kualitas dan itu adalah mutlak. Berbicara soal kualitas produk, hal tersebutlah yang akan mempengaruhi kemajuan market online Anda kedepannya. Berikan yang terbaik untuk  konsumen Anda.

Bayangkan saja ketika sudah mulai berjualan online disertai dengan strategi yang tepat, akhirnya Anda berhasil menjual produk. Benar..Anda sudah bisa menjual karena strategi, namun ketika produk tersebut sampai di tangan konsumen dan kualitas tidak seperti yang mereka harapkan atau yang dijanjikan maka siap-siap saja gulung tikar dari bisnis online Anda.

Bisnis yang Anda rintis akan sangat mudah hancur di dunia online. Mengapa? Hal ini terkait erat dengan sistem marketing communication dikarenakan jaman sekarang dimana kehidupan media sosial secara online lebih mendominasi daripada kehidupan bersosialisasi secara konvensional. Melalui review yang buruk dari satu konsumen saja di salah satu media sosial seperti Google+ Facebook maupun Twitter akan berpengaruh besar terhadap image atau brand produk yang Anda miliki. Begitu juga halnya ketika Anda mendapat review yang baik, pembeli akan merasa puas yang kemudian menjadi pelanggan tetap dan berujung rekomendasi mereka ke saudara atau teman.

Itulah resiko dan benefit yang bisa Anda peroleh ketika berhubungan dengan masalah produk. Tentu saja tidak ada yang mau mendapatkan review yang buruk. Review produk yang baik adalah salah satu senjata juga dalam Internet Marketing yang akan Anda bangun nantinya. Maka dari itu, sebelum mulai meluncurkan pemasaran produk, Anda teliti terlebih dahulu apa yang kurang dari kualitas produk dan bagaimana solusi untuk memperbaikinya. Apakah itu mengenai ketahanan, bahan, tekstur, atau apa saja yang berkaitan dengan produk harus sesuai dengan kepuasan calon pelanggan nantinya.

Tips Internet Marketing Plan


Tips berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mulai setting marketing plan produk yang akan dipasarkan secara online. Persaingan sengit antara para marketer di internet telah menghasilkan ribuan hasil pencarian yang kesemuanya berebut tempat terbaik di halaman pertama Google. Perencanaan pemasaran yang matang tanpa tergesa-gesa serta tepat sasaran merupakan kuncinya.

Menjadi yang terbaik dengan cara melakukan search engine optimization (SEO) pada website serta memperhatikan desainnya, melakukan advertising, pendekatan di media sosial, adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Akan saya rangkum beberapa tips yang bisa Anda lakukan di bawah ini.

Desain Website Bisnis Online


  • Buat tampilan website sesuai tema dari produk Anda
  • Pilih tema yang nyaman di mata tanpa cepat membuat mata menjadi lelah berlama-lama di website Anda
  • Perhatikan peletakan navigasi dan jangan sampai pengunjung kesulitan menemukannya. Buat tautan menuju halaman kontak Anda mudah dilihat dan dijangkau mata
  • Sediakan tombol berbagi di sosial media dan kolom komentar di bawah setiap halaman website Anda
  • Perhatikan waktu kecepatan loading halaman, kurangi hal-hal yang kiranya menghambat proses loading. Pengunjung akan segera pergi ketika mereka menemukan halaman yang akan mereka akses terlalu lama loadingnya

Search Engine Optimization Untuk Internet Marketing


  • Daftarkan website ke Google Analytics, Google Webmaster, Feedburner, Alexa, dan Bing. Sematkan meta tag dari beberapa situs tersebut ke dalam head template web Anda
  • Perhatikan struktur Tag Html di website Anda, apakah penggunaan H1, H2, H3, H4 sudah diseting dengan baik. Gunakan H3 pada title widget di sidebar dan H4 pada title widget bawah
  • Buat konten yang bermutu dengan minimal 700-1200 kata per halaman
  • Gunakan Adwords Keywords Tool milik Google untuk mencari kata kunci yang sesuai target dan hindari stuffing keywords atau terlalu banyak memasukkan keyword target ke dalam konten. Buatlah yang alami sesuai gaya penuturan Anda
  • Bangun link atau tautan yang sehat di dalam web antar artikel yang sesuai dan link diluar web yang juga sesuai konten website Anda. Hindari melakukan spam ke website lain dengan menyebar link menuju web Anda. Hal tersbut bisa menurunkan SERP web Anda di mesin pencari
  • Jika Anda memiliki dana lebih untuk advertising, saya sarankan pasang iklan di Google melalui AdWords
  • Buatlah Fan Page di media sosial seperti Google Plus Facebook atau Twitter khusus bisnis Anda. Lihat juga tentang Bagaimana Cara Sukses Promosi Di Media Sosial.

Tips Internet Marketing
Produk✔ Kualitas
Strategi Pemasaran✔ Survey Konsumen
✔ Pelajari Strategi Pesaing
Web Desain✔ Sesuaikan Tema Dengan Jenis Produk
✔ Navigasi Jelas
✔ Buat Ringan Saat Loading
SEO✔ Optimasi Kata Kunci
✔ Optimasi Struktur Tags
✔ Optimasi Iklan
✔ Backlinks

Ketika Anda menjalankan semua yang saya jabarkan di atas sesuai petunjuk maka tingkat kesuksesan di Internet Marketing dalam menjalankan Bisnis Online Anda telah mendekati 100%. Terus tingkatkan layanan atau service ke para calon pelanggan dengan sepenuh hati. Jika hal tersebut tersampaikan maka Mission Accomplished.. Terimakasih telah berkunjung dan semoga Tips-Tips yang telah saya bagikan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment