Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Hp Saat Hujan Resiko Tersambar Petir

Petir Menyambar
Image by Keli Black from Pixabay
Benarkah kita dapat tersambar petir saat menggunakan handphone (hp) ketika sedang hujan? Mengingat banyak kejadian orang sampai tewas karena sambaran petir dikala hujan saat bermain hp seperti kasus di Pinrang, Sulawesi Selatan.

Menurut kajian dari British Medical Journal, sambaran petir akan meningkatkan luka internal tubuh dan sangat berbahaya untuk jantung. Rambatan listrik yang dihasilkan petir sangat besar akan merusak jaringan kulit pada awalnya hingga merusak tubuh bagian dalam seperti efek luka bakar.

Pengakuan dari teman korban tewas akibat disambar petir di Pinrang, dia melihat temannya memang sedang memainkan ponselnya saat berteduh di area sawah karena hujan. Unsur logam dari hp, berikut sinyal disinyalir mampu menarik petir untuk menyambar. Terlebih jika bagian tubuh kita dalam kondisi basah maka listrik dapat terhantar melalui air ke tubuh yang dapat mengakibatkan luka fatal.

Cara Aman Terhindar Petir Saat Hujan

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, disarankan agar mematikan telepon selular ketika hujan dan sedang berada di luar atau lapangan terbuka. Kita akan lebih aman dalam ruangan tertutup seperti rumah, gedung, atau di dalam mobil ketika menyalakan handphone. Jika tidak ada bangunan rumah carilah perlindungan di bawah pohon yang tingginya sedang dan bukan tertinggi di area tersebut, karena petir cenderung menyambar pokok tertinggi.