Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Alat Ukur Listrik

Untuk Anda yang ingin mengetahui macam-macam Alat Ukur Listrik, berikut ini beberapa Alat Ukur Arus Listrik beserta deskripsi Prinsip Kerja Alat Ukur Listrik yang bisa membantu Anda untuk menyelesaikan beberapa masalah elektronik berkaitan dengan cara penerapan konsep kelistrikan.

Beberapa hal yang bisa Anda ketahui dengan menggunakan Alat Ukur Listrik antara lain:
  • Menentukan besarnya kuat arus listrik
  • Menentukan besarnya tegangan tegangan listrik
  • Menentukan besarnya hambatan listrik

Macam-Macam Alat Ukur Listrik :


  • Voltmeter
    Fungsi dari Voltmeter adalah mengukur beda potensial atau tegangan dari sebuah komponen listrik dengan menempatkannya secara pararel dengan komponen tersebut. Voltmeter itu sendiri dibuat dengan memasang Galvanometer secara seri dengan resistor hambatan tinggi sehingga hambatan Voltmeter sangat besar. Inilah yang menyebabkan arus listrik susah atau tidak dapat mengalir dalam Voltmeter. Contoh Gambar Voltmeter dalam rangkaian:
  • Voltmeter dalam rangkaian. Galvano terpasang seri dengan Resistor. Pemasangan Voltmeter Cara Membaca Voltmeter Rumus untuk mengetahui tegangan yang terbaca pada voltmeter adalah: Tegangan= (Nilai yang ditunjuk jarum : skala maksimum) x batas ukur

  • Aperemeter
    Amperemeter atau Ammeter berfungsi mengukur kuat arus listrik yang melalui sebuah komponen listrik dengan menempatkannya secara seri dengan komponen tersebut. Amperemeter dibuat dengan cara memasang Galvanometer secara pararel dengan resistor hambatan rendah sehingga hambatan Amperemeter sangat kecil. Hal ini yang menyebabkan arus listrik mengalir mudah dalam Amperemeter. Amperemeter Amperemeter Dalam Rangkaian Amperemeter Dalam Pemasangannya. Cara Membaca Amperemeter Untuk membaca arus listrik pada Amperemeter adalah : Arus= (Nilai yang ditunjuk jarum : Skala Maksimum) x batas ukur

  • Ohm-meter
    Ohm meter digunakan untuk mengukur hambatan listrik, namun belakangan ini penggunaan Ohm-meter sudah jarang dilakukan. Hal tersebut dikarenakan adanya alat ukur multi tester yang memiliki lebih banyak kegunaan termasuk untuk mengukur hambatan listrik.
    Ohm meter Analog

  • Multitester
    Alat ukur listrik modern ini bernama Multitester atau bisa juga disebut Multimeter yang memiliki banyak fungsi, diantaranya: mengukur tegangan listrik (voltmeter), mengukur arus listrik (amperemeter) dan hambatan listrik (ohmmeter).
    Alat Ukur Listrik Multitester.

Posting Komentar untuk "Macam Macam Alat Ukur Listrik"