Monday, May 2, 2016

Cara Menemukan Kamera Tersembunyi Di Dalam Kamar Hotel

Anda suka bepergian dan menginap di Hotel? Hati-hati dengan adanya kamera tersembunyi yang mengintai aktivitas privasi Anda. Agar bisa terhindar dari intaian orang yang tidak bertanggung jawab, KompasPost akan berbagi cara bagaimana bisa menemukan kamera tersembunyi yang dipasang di dalam kamar Hotel tempat Anda menginap.

Saat ini sangat mudah Anda menemukan video berisi rekaman yang sifatnya pribadi di situs online, dimana hasil rekaman tersebut ternyata diambil menggunakan kamera tersembunyi yang sudah dipasang sebelumnya.Secara sengaja, hal tersebut dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadinya. Entah karena alasan uang, dendam pribadi, atau hanya sekedar iseng belaka. Apapun itu alasannya, merekam aktivitas orang lain tanpa persetujuan dari orang yang direkam termasuk melanggar hukum.

Seperti kasus yang baru-baru ini terjadi tentang tuntutan yang dilayangkan oleh seorang wanita kepada seorang polisi di Amerika. Dia menuntut polisi tersebut yang dianggap telah melakukan tindak ilegal dengan melihatnya ketika sedang menyusui bayinya di dalam kamar. Wanita itu sadar telah diintai melalui kamera yang sengaja dipasang untuk mengawasi perilaku bayinya ketika dia sedang tidak berada di dalam kamar karena melihat kamera tersebut sedang dalam posisi merekam.

Untuk masuk menggunakan kamera di dalam kamar bayinya itu hanya bisa melalui akses dari iPhone miliki suaminya, padahal dia tahu suaminya saat itu sedang di dalam penjara dan tidak mungkin bisa membawa handphone. Langsung saja wanita itu menggunakan pelacak "where is my iPhone" dan menemukan bahwa iPhone tersebut berada di rumah si polisi yang menyita dari suaminya dan menggunakannya untuk melihat aktivitasnya saat menyusui.

Lindungi Diri Dari Kamera Tersembunyi

Salah satu contoh kejadian di atas merupakan bentuk penyelewengan dalam menggunakan kamera tersembunyi untuk tindak pengintaian atau mata-mata. Padahal sebenarnya masih banyak yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang lebih positif. Beberapa cara untuk menemukan "spy cam" atau kamera tersembunyi bisa Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini:


  1. Setelah Anda masuk dalam kamar Hotel cobalah untuk mematikan lampu. Carilah kedipan atau cahaya dari indikator (lampu kecil) yang berwarna merah atau hijau. Cahaya tersebut bisa jadi berasal dari indikator kamera yang sedang menyala.
  2. Anda bisa juga mematikan AC, televisi atau semua barang elektronik yang mengeluarkan suara. Dengar dan perhatikan dengan sesama adakah bunyi-bunyi yang mencurigakan di dalam kamar itu. Biasanya bunyi kamera yang sedang merekam seperti dengungan kecil atau bunyi "klik" saat mengambil foto.
  3. Menurut pakar teknologi, kamera ataupun perekam suara biasanya disembunyikan di dalam barang yang cukup besar seperti televisi, tutup lampu, cermin, lemari, yang fokus menghadap ke area aktivitas. Bahkan yang terbaru ada juga kamera tersembunyi yang dijual bebas secara online yang jadi satu kesatuan dengan obyek tidak terduga seperti pena, gantungan kunci, gantungan baju, penjepit dasi, kancing baju, dan lain-lain.
Lalu apa yang bisa Anda lakukan setelah menemukan kamera tersebut? Anda bisa komplain dengan Manager Hotel mengenai tindak pelanggaran privasi tersebut, membuat review Hotel ke media online seperti di TripAdvisor, atau jika memang sangat sensitif seperti Anda sedang menjalankan rapat bisnis rahasia dan perekaman tersebut bisa jadi dari ulah pesaing maka Anda bisa juga membawanya ke jalur hukum dengan membuat tuntutan (itu jika memang benar dari pesaing Anda).

Sekian dulu cara menemukan Kamera tersembunyi (Hidden Cam/ Spy Cam) yang bisa mengganggu privasi Anda di kamar Hotel, apartemen, atau di tempat publik lainnya. Semoga cara diatas bisa membantu serta bermanfaat bagi Anda sehingga membuat Anda tahu apa yang bisa dilakukan pertama kali ketika masuk ke dalam kamar Hotel saat menginap.

No comments:

Post a Comment