Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Baterai Smartphone Agar Awet Dan Tahan Lama

Seiring dengan kemajuan teknologi ponsel yang dahulu hanya sebatas untuk menelepon atau berkirim pesan, munculnya ponsel pintar yang disebut smartphone mulai memberikan fitur tidak terbatas untuk dikembangkan. Hal tersebut tidak akan lepas dari sumber energi untuk menjalankannya, baterai smartphone dituntut juga memiliki kapasitas yang prima agar bisa mendukung fitur yang dimiliki. Konsumsi daya yang dibutuhkan smartphone cukup besar sehingga sering menguras energi di dalam baterai dengan cepat, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan supaya baterai menjadi lebih awet serta tahan lama umurnya.

Penyebab Baterai Boros Dan Tidak Tahan Lama

Cara Baterai Smartphone Awet

Mengapa baterai menjadi cepat habis ketika dipakai dan tidak tahan lama? Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut. Mulai dari awal saat membeli baterai baru hingga diisi pertama kali bisa menjadi penyebab baterai tidak mampu menyimpan daya secara maksimal. Begitu juga dengan perilaku pemakaian smartphone yang salah bisa membuat baterai menjadi boros. Hal tersebut seperti bermain game terus menerus hingga baterai panas, malas mengisi baterai dan membiarkannya hingga habis total, menyimpan smartphone di dalam bagasi motor hingga kepanasan, dan dari itu semua hanya menjadi contoh sebagian kecil mengapa baterai kamu tidak bisa menahan daya lebih lama serta cepat habis.

Apa Yang Harus Dilakukan Dan Dihindari

Jika berbicara mengenai apa yang bisa membuat baterai bisa menjadi lebih awet umurnya serta tidak boros maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan yang harus dihindari, seperti apa yang dijelaskan dalam video berikut ini.

Cara Merawat Baterai Smartphone:
  1. Baterai Baru
    Ketika membeli baterai pertama kali memang benar masih ada beberapa daya yang tersimpan didalamnya, namun bukan berarti bisa langsung kamu pakai. Langkah awal, cobalah untuk mengisi baterai hingga penuh dengan smartphone dalam kondisi mati. Ketika sudah penuh maka mulailah menghidupkan ponsel dan menggunakannya hingga baterai habis total. Setelah itu isilah kembali hingga posisi penuh, hidupkan ponsel lagi, dan ketika tersisa hanya 15% maka bisa kamu mulai isi kembali. Lakukan seperti langkah awal diatas dalam kurun waktu sebulan sekali.
  2. Mengisi Baterai Semalaman
    Seperti yang mungkin telah diketahui bahwa perangkat pintar ini memiliki fitur yang bisa menjaga pengisian baterai berlebihan atau overcharge. Otomatis smartphone akan menghentikan aliran daya yang masuk ke dalam baterai ketika dalam kondisi penuh. Namun menurut berbagai sumber, meski telah didukung dengan fitur tersebut, tetap ada aliran listrik yang masuk dan memaksa baterai menampung melebihi kapasitasnya. Oleh karena itu hindari mengisi baterai dengan membiarkannya semalaman.
  3. Main Game Sambil Isi Baterai
    Apapun kegiatan yang sedang kamu lakukan, entah sedang main game, menonton film, memutar youtube, atau apapun yang memakan daya besar dari baterai jangan sambil mengisi baterai. Mungkin karena terlalu asyik menggunakan smartphone kamu dan terlalu tanggung jika berhenti dari kegiatanmu maka biasanya kita langsung tancap saja charger ketika baterai mau habis. Namun hal tersebut ternyata bisa memperpendek umur baterai, mengapa? Bisa dikatakan baterai mempunyai kemampuan mengingat berapa banyak daya yang bisa disimpannya. Lamanya melakukan pengisian karena sambil dipakai membuat baterai menjadi lebih lama penuh, kondisi menjadi panas terus menerus, dan hal tersebut hanya akan memperpendek umur baterai kamu. Lebih bijak jika kamu hindari mengisi baterai sambil mainkan game, tunggu saja hingga tinggal 15% dan hentikan aktivitas kamu lalu baru diisi.
  4. Mengisi Menggunakan Powerbank Atau Laptop
    Powerbank diciptakan memang untuk pengisian baterai, namun hal ini bukan berarti menjadi pokok pengisian yang bisa menggantikan posisi charger bawaan dari pabrik smartphone kamu. Fungsi yang bisa diambil dari powerbank yakni saat kamu dalam kondisi darurat tidak menemukan colokan listrik untuk mengisi baterai. Jadi bisa dikatakan powerbank lebih ke mobilitas dalam penggunaannya. Hal tersebut berlaku juga dengan mengisi baterai menggunakan Laptop. Memang benar ada daya listrik yang masuk dari kedua perangkat tersebut namun juga harus diperhitungkan berapa ampere yang dimiliki dan yang dibutuhkan oleh baterai smartphonemu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar baterai smartphone lebih awet dan tahan lama. Dengan pemakaian yang benar dan menahan diri dari membiarkan baterai sengsara hingga habis bisa memperpanjang umur baterai. Meskipun demikian, semua pasti ada waktunya untuk ganti baru ketika memang kondisi baterai sudah tidak memungkinkan digunakan, Sekian dari saya, semoga artikel teknologi bertajuk perawatan baterai ini bermanfaat.